Penerimaan Penghargaan Gender Champions Lampung

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Provinsi Lampung menggelar puncak acara Peringatan Hari Ibu Provinsi Lampung ke-92 Tahun 2021, Kamis, 17/12/2020. Acara bertajuk Perempuan Berdaya, Lampung Berjaya, Indonesia Maju.

Acara tahunan ini digelar sederhana dengan jumlah undangan terbatas, mengingat saat ini masih masa pandemi Covid-19. Namun demikian, acara tidak kehilangan makna dan kehidmatannya.

Dihelat di lokasi taman PKK Agropark Sabah Balau, Tanjung Bintang, puncak Peringatan Hari Ibu Provinsi Lampung menjadi istimewa, karena pada kesempatan ini secara resmi telah ditetapkan enam perempuan tokoh Gender Champion Provinsi Lampung berdasarkan SK Gubernur Lampung.

Keenam tokoh tersebut ditetapkan sebagai Champion Gender berdasarkan capaian, dedikasi, dan kontribusinya dalam pembangunan pemberdayaan perempuan di Lampung.

Mereka adalah Chusnunia Chalim (tokoh pimpinan tinggi), Riana Sari (Ketua TP PKK dan Bunda PAUD), Apriliati (tokoh perempuan legislatif, penggagas Raperda Penghapusan Tindak Kekerasan Pada Perempuan dan Anak).

Kemudian, Ari Darmastuti (akademisi tokoh kesetaraan gender), Selly Fitriani (Ketua Lembaga Advokasi DAMAR), dan Laila Al-Husna (tokoh penggerak pemberdayaan perempuan dan difabel, Batik Siger Lampung)

Bersamaan dengan penetapan ini, ditetapkan pula seorang tokoh yang terpilih sebagai Perempuan Inisiator yaitu Sri Wahyuni, penggerak UMKM Kopi Ulubelu, yang juga penggagas Koperasi Simpan Usaha yang membuka akses modal usaha rumahan bagi perempuan di Ulubelu, Tanggamus.

Sri Wahyuni terpilih sebagai yang terbaik, setelah berhasil mencatat kontribusi besar bagi masyarakat sekitarnya, menyisihkan para kandidat dari 14 kabupaten/kota lainnya. Demikian rilis yang diterima.

Similar Posts